Singapore Gathering – Part 4

Posted: May 31, 2011 in Travel
Tags: , , ,

Akhirnya beres juga series Singapore gathering…. dibagi 4 part soalnya di part keempat kita akan blak-blakan soal biaya yang dikeluarkan selama travel ini. tapi sebelum ngomongin expense travelling let see whats happen on last day at singapore… 18 April 2011

:: Jam 09:00 | People`s Park

Bangun pagi, semua orang sudah bersiap-siap dan packing. Aristo dan Bagia mendapatkan tiket yang berbeda dengan kami semua, mereka kembali ke Jakarta dengan pesawat pukul 9.00. Masih melanjutkan mandi dan beres-beres akhirnya sambil menunggu yang lain, aku, ignat, daniel dan bonardo ke bawah dulu untuk mencari sarapan pagi. Kami pun memilih makanan di ujung jalan, Tempat makannya kayak kantin-kantin mahasiswa yang bersih tentunya. Makan pagi dengan paket ikan katsu, sayur dan tempe seharga 3.80 SGD terhitung murah lho. Bonardo dan Yosia memilih paket juga seharga 2.0 SGD ( bener yah bo ? ) Lumayan kan murah meriah masakan indonesia. Sehabis sarapan Nana, Ignat, Daniel dan Aswin membeli oleh-oleh dendeng piggy. Kata mereka super enak… hehe.. tapi ga tertarik kok. udah kenyang soalnya hahahahah… Bergegas menuju apartment untuk bersiap-siap menuju bandara.

Aku pun berjalan memasukin mall di people` park tersebut sekalian jalan masuk saja. Eh nyangkut di sebuah toko souvenir bersama yosia. Ternyata disana souvenir yang sama dengan mustafa center dijual dengan harga yang jauh lebih murah. hampir sepertiganya. Hampir tidak percaya aku menanyakan kembali ke Cici toko tersebut dan benar saja. Lebih Murah. Untuk gantungan saja yang asalnya dijual 10 SGD satu pack disana bisa 10SGD untuk 3 pack. Ada yang memborong gantungan disana. hahaha…..  Ternyata yah harus banyak jalan-jalan supaya ga kena tipu. Pelajaran hari ini.  Mengingat waktu yang sudah mulai beranjak siang aku mempercepat langkah menuju apartment.

Sampai di lantai 20 Nana dan Ayam sudah bersiap-siap membawa barang belanjaan mereka dan bergegas turun. Untuk mengejar waktu maka Aku, Nana, Ayam dan David pun berangkat pertama karena harus claim tax refund di GST. Kami pun mencari taxi di belakang people`s park apartment. Karena disana tempat taxi berkumpul. berangkat menuju airport….

:: Jam 11:00 | Changi Airport

Nyampe di bandara changi sekitar 20 menit saja. jalanan tidak macet kok… Nana dan Ayam langsung menyerbu tempat GST tax refund changi untuk mengklaim pajak. Tempat GST refund ini terletak di terminal 3 di sebelah kiri setelah masuk ke dalam lobby.  Aku dan David menunggu di tempat duduk. Sambil menunggu aku pun meminta koneksi wifi kepada petugas informasi. Lumayan bisa browsing dan BBM sejenak.

Setelah Nana dan Ayam beres refund. Teman-teman yang lain pun menyusul dan segera check in bagasi.  Antrian pun cukup panjang, tetapi check in berjalan lancar dan kami bergegas ke dalam. Eh nyangkut dulu ternyata nyangkut di tax free duty. Karena disana satu orang satu hanya dapat membeli satu botol minuman beralkohol. Pembelian di kasir pun wajib menunjukan paspor. Harga yang dipajang ternyata cukup murah. untuk Vodka sekitar 17 SGD ( kurang lebih 120rb ) per botolnya, dan untuk minuman yang lain pun harganya lumayan murah. Akhirnya memborong lah mereka semua. Aku seh ngga kok… cuma bantuin bayar ke kasir ajah. hehehe…. Vodka, Gin Tonic, Irish Coffee, Jack D pun ditenteng setiap orang. berasa kayak mau buka mini bar aja.

Lapar mulai terasa, waktu sudah tinggal sebentar lagi. Kami pun mampir di Subway, Custom Sandwich. Uniknya sandwich ini kita bisa memilih sendiri apa yang kita mau, mulai dari rotinya, toppingnya, isi dagingnya sampai sausnya. Pertama kali memesan cukup bingung, tetapi jangan khawatir disana juga terdapat keterangan step-by-step memesan sandwich ini. Satu persatu mulai mengantri, kebingungan saya melihat teman-teman memesan. Cekatan banget si ignat, sudah apal kayaknya…  OK Giliran aku, akhirnya aku memesan roti.

Pertama kali aku memilih menu di atas yang tertera. Aku memilih Chicken Sandwich seharga 6.70 SGD, lanjut kemudia memilih mau sub ( sandwich atau salad ), aku pilih sub tentu saja karena lapar, tahap kedua memilih roti aku mencoba parmesan oregano. Ukuran ditanya juga pada langkah ketiga, ada 6-inch dan footlong. aku memilih 6-inch saja. Untuk Extra bisa ditambah keju atau ham, atau french toasted. Sayuran dapat memilih dari mulai timun, bombay, paprika, tomat, olive. Lanjut menuju saus, hmm.. banyak pilihan dari Sweet Onion, Honey Mustard, Mayonnaise, Barbeque, Blackpepper. Aku memilih black pepper. Akhirnya terakhir sampai kasir juga.. aku pun melengkapi sandwich tersebut dengan chocolate cookies saja. no Drink. setelah membayar sekitar 5.70 SGD. Berbeda dengan tarif yang tertera di menu atas yang seharusnya 6.70 SGD. Berarti kesimpulan yang kudapat untuk setiap topping yang berbeda akan berbeda pula harganya…


Langkah Memesan Subway ::

 

 


Mari makan…. hap hap hap.. rasanya lumayan enak. Tapi karena saya lupa menambahkan saus jadi terasa sedikit hambar, next time aku tahu harus memesan apa. Hehehe. Waktu ternyata sudah mepet banget untuk keberangkatan, makan pun dipercepat dan kami segera berlari.. yups.. berlari menuju terminal 38.  dan ternyata lagi.. terminal itu jaraknya lumayan jauh.. hmmm 15 menit kalo jalan… jadi kami berlari takutnya ketinggalan pesawat…Hmm lebih tepatnya bukan pesawat kali ya. tetapi untuk memasuki ruang tunggu, takutnya keburu ilang petugas air asianya. bisa ga boleh masuk …. LARIIIIIII!!!!!! secepat kilat kita semua berlari….

yosia lari pertama sampai, disusul oleh aku dan daniel, akhirnya kami semua tiba di depan terminal 38. Alhamdulillah masih ada, fiuhh.. Cape euy lari-lari di changi. Kapan lagi.. hahaha…. setelah check in akhirnya kami menunggu tenang dan damai di ruang tunggu. Sempet mengisi air minum dulu untuk bekal di jalan. Tap Water tersedia di ruang tunggu. Soalnya kalo kita membawa minuman dari luar maka minuman tersebut tidak boleh melewati petugas boarding. karena peraturan untuk naik pesawat tidak boleh membawa cairan lebih dari 100ml. Aku hanya membawa botol kosong bekas dari vit.C di 711 kemarin. Botolnya bagus seh… aku pun mengisi botol tersebut dengan tap water. Satu hal yang menarik, katanya aturan tidak boleh membawa cairan lebih dari 100 ml, tetapi saya bisa saja lolos membawa air minum ke dalam pesawat. Hmmm….

Pesawat kami pun sudah terlihat mendarat dengan lambang air asianya. Mari … bergegas kembali ke tanah air…

WUUUSSHHHHHHHH…..

:: Jam 16:00 | Bandara Husen Sastranegara – Bandung

Sampai juga di bandara, Hujan… dingin.. Aku dan Ignat pun nebeng daniel yang dijemput sama ibunya dan bapanya. Kami sempat mampir untuk makan di restauran favorit Bapaknya Daniel waktu masih muda. Enak… Thanks Om tante buat mie pangsitnya… Setelah makan aku diantar sampai Cipaganti Travel di BTC searah pulang dengan daniel. Menggunakan travel pukul 17:15 aku pun kembali ke jakarta.

Wah sorry neh teman-teman kalo kepanjangan singapore gatheringnya. Ada salah-salah kata atau typo. Mohon maklum, lagi mencoba membuat blog juga. Sekalian sharing aja selama 4 Hari jalan-jalan neh. Dan untuk melengkapi artikel harus ada laporan keuangannya donk. Mari kita hitung-hitung sudah habis berapa untuk perjalanan ini.

Expense Report

 

Singapore Expense

Singapore Expense


Semoga informasinya berguna, bukan maksud mau pamer, just wanna share. Dengan budget tidak terlalu mahal masih bisa jalan-jalan keluar negeri.

See u on the next trip…

Let’s Travel, Let’s Share…

Comments
  1. mira says:

    Nice info icha…….

    Kpan2 kita kesana yuuukk.. :p

  2. shinta says:

    Nice Blog… ^^

    thanks ya icha buat link nya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s