Singapore Gathering – part 1

Posted: May 20, 2011 in Travel
Tags: , , , , , , , , , ,

Singapore Gathering.. rencana reunian temen sekampus di Ilmu Komputer UNPAR angkatan 2003 ( ikom 2003 ) , anak ikom ini emang dari dulu selalu bikin acara reunian dan farewell,  jadi bingung kapan farewell dan kapan reuniannya. Pokoknya makan ora mangan asa kumpul. Setuju guys ? biasa acara ini di EO kan oleh ibu Nana. Thanks ya na for always having such a great event and low budget also. Pembelian tiket Singapore ini setahun sebelumnya. yups, soalnya kita kan low budget backpacker jadi harus menekan biaya seminim mungkin baru bisa ramean jalan-jalan. Tiket PP Singapore promo airasia ( kurang lebih 450.000 Pulang Pergi ).

Setelah ajak mengajak teman-teman yang akhirnya bisa mengikuti event ini ada 12 orang yang berangkat dari indo yaitu : Begy ( My Best Friend from highschool ) , MySelf,  Aristo, Aswin, Bonardo, Ayam, David, Yosia, Daniel, Ignat, Herda dan Nana (Sang EO ). Sayang sekali Agus dan Josua batal ikut karena ada keperluan yang ga bisa ditunda, padahal pinginnya seh banyakan. But there`s always next time right na ? Di Singapura juga kita dapet tour guide dari akoh-akoh penguasa singapore yaitu Pascal, Handy dan Mosie. Plan di Singapore dari tanggal 15 April- 18 April 2011 yaitu kurang lebih 4 hari 3 Malam, semoga cukup waktunya untuk berjalan-jalan. Mari kita bergegas.

15 April 2011

Hari pertama.Ada 3 kloter pembelian tiket, otomatis kita pergi dengan jadwal jam yang berbeda. Aristo dan Begy pergi paling pagi dari bandara Soekarno-Hatta Jakarta tiba di Changi Airport jam 10an kira-kira. Aku bareng Nana, Daniel dan Ignat menyusul jam 3an waktu SG. Hari pertama hanya kami berenam saja, teman-teman sisanya menyusul esok hari.

Masuk ke bandara check in dulu di tempat imigrasi, katanya diperiksa dan ga boleh bawa cairan dalam kemasan lebih dari 100ml ( termasuk perlengkapan mandi ).. aku bawa seh shampo 90ml tapinya. dan tampaknya lolos saja. mungkin cuma ke singapore ya…kalo ke eropa lebih ketat lagi. Bayar Boarding Pass nya Rp. 75.000,- karena kepergian international ( beda dengan bandara sukarno hatta sebesar Rp. 150.000,- )

Berangkat dari Bandara Husein Sastranegara jam 11an kira-kira. ga sempet jumatan neh… maafin aye ya Allah… diganti solat dzhuhur kok ( feeling guilty ).. sebelum berangkat biasa sempet dulu foto-foto di bandara. hahahah… teteup biar eksis. sesaat sebelum berangkat sempat whatsapp sama Aristo n Begy kalo mereka udah sampe dan terlantar di starbuck. Online menggunakan wifi.

…..swwinnngggggggg……..

mendaratkan kaki di negeri orang akhirnya.. YAY!!! maklum baru pertama kali ke luar negeri. Turn on my phone, akhirnya XL ( sorry sebut Merk ) pada handset BlackBerry ( sorry sebut merek lagi ) bisa nyala selama 3 hari roaming gratis di luar negeri. semua full service BIS. jangan lupa untuk melakukan reboot handset dulu untuk bisa aktif. Sempet nunggu 1 jam ga aktif karena belum di restart. hahaha bodoh. Jangan sampe kejadian yah guys.


TIPS :
1. Untuk pengguna XL roaming gratis 3 hari menggunakan BB full service, gunakan operator M1 set manual saja untuk menghindari perpindahan jaringan dan kena pulsa. Tips juga gunakan 2G saja untuk menghemat batre ( di Singapore 2G aja udah kenceng n stabil )
2. Apabila ngga pake bb service, bisa juga menggunakan fasilitas Wifi yang disediain sama Changi Airport. Cari saja Pusat Informasi dengan logo i berwarna biru. jangan lupa memperlihatkan pasport untuk mendapatkan username dan password. Wifinya sama kayak BIS full service, bisa BBM + push email juga lho. Username Wifi ini dapat digunakan selama 6 jam, dan tidak hanya untuk area changi airport, Wifi dapat digunakan juga di east coast park, McD dan kafe2 lain yang menggunakan wifi karena menggunakan network yang sama Wireless@SG.
3. Jalur terakhir yaitu beli kartu perdana singapura.. ga sempet nanya. sekitar 10 SGD kalo ga salah Nana seh pake kartu singapur bisa gampang komunikasinya karena dia butuh banyak nelp kesana kesini. perdana yang dipakai SingTel. http://info.singtel.com/


BK

Lanjut…. kita berkeliling dulu di bandara sambil mencari makan menuju terminal 2 menggunakan MRT free  setelah berkeliling dan tidak menemukan Subway Burger akhirnya kita memutuskan makan di BK ( Burger King ) beli makan di burger king menunya mirip sama BK di jakarta. harganya juga mirip2. sekitar 6.80 SGD – 7.80 SGD. Btw yang bekerja disana kayaknya masih berusia muda, sekitar 15 tahun ke bawah. Salut yah orang sana masih kecil sudah rajin bekerja.

Nyum nyum nyum… Halal kok tenang aja.. no Piggy! NO PORK!! hahaha…. Berempat makan sambil memikirkan bagaimana caranya untuk menghubungi Aristo dan Begy.. akhirnya keliling2 ketemu juga di tengah2 bandara. fiuhh…. sehabis ketemu Aristo dan Begy beranjak kita ke terminal MRT.

Sedikit rasa bersalah, karena disana aku tidak menemukan adanya mushola untuk solat. bertanya ke penjaga Toilet, tapi dia tidak mengetahui tempat solat yang aku maksud. Hmm. Belum Solat dari siang, jumatan pun terlewati. Maafkan Hambamu ya Allah.


Tips Waktu & Waktu Solat : 
1. Waktu singapore yaitu +1 dari waktu WIB. jadi Kalo di jakarta pukul 5 sore maka waktu singapore menunjukan pukul 6. Silahkan lihat untuk keterangan lebih lanjut http://www.timeanddate.com/worldclock/city.html?n=236
2. Untuk Waktu Solat ini penting sekali lho, disana ternyata waktu solatnya sama seperti di Indonesia tapi karena perbedaan nambah 1 berarti semua jam ditambah 1 juga. Contoh. Apabila Ashar di Indonesia itu pukul 15:15 maka waktu solat di singapore menunjukan pukul 16:15 . Disana juga jarang sekali ada musholla / mesjid
jangan sampai telat solat yah. Jadwal Solat Online Singapore


:: Jam 16:00
kita lanjut ke apartment di China Town ( People`s Park ). karena ini pertama kali nya ke singapore dan belum punya kartu EZ link ( http://www.ezlink.com.sg )  . Kartu EZ link mirip sama kayak flazz BCA, tinggal tempel ke alat pembacanya, saldo otomatis terpotong. kartu ini juga bisa buat naek MRT, Bus dan pembayaran di beberapa merchant singapore. Kartu perdana 12 SGD berisi saldo 7 SGD. lumayan bisa buat beberapa kali naek MRT.

naik MRT pertama kali.. yaayyyyy!! seru hahahah… cepet banget n bersih. MRT singkatan dari Massive Rapid Transit. sekali naek MRT ini berkisar antar 0.80 sampai 1.20 SGD sekali jalan kalo ga salah. yah mirip2 lah sama busway hahha.. bedanya lebih cepet, ontime, lebih bersih.. Serunya di dalem MRT ada jalur peta dengan indikator posisi kita sekarang, jadi ga usah khawatir kelewat. Untuk petanya bisa dilihat dibawah ini. http://en.wikipedia.org/wiki/Mass_Rapid_Transit_(Singapore)


Lihatlah peta MRT diatas, disetiap pertemuan garis yang berbeda warna akan ada bulatan putih. Tanda tersebut menandakan mrt interchange, titik dimana anda bisa pindah ke jalur warna lain.


Fasilitas “Singapore how to go there” bisa membantu Anda dalam mencari jalan ke seluruh tempat di Singapura. Gunakan fasilitas tersebut untuk mencari jalur transportasi publik yang terbaik serta Anda juga bisa melihat total biaya transportasi yang harus Anda keluarkan. Agar bisa membaca peta di fasilitas tersebut dengan baik, silahkan baca dulu panduan di bawah ini.

Contoh ke 1: Misalkan anda sekarang berada di Changi Airport (lihat dipeta) dan tujuan anda adalah Orchard. Changi Airport berada di jalur hijau diujung timur sedangkan Orchard berada di jalur merah, itu artinya anda harus pindah jalur (kereta) untuk bisa sampai ke Orchard.

Perhentian pertama anda harus turun dititik putih yang pertama yaitu Tanah Merah interchange, lalu anda pindah jalur ke jurusan Joo Koon ( Papan petunjuk MRT hanya menulis tujuan akhir dari setiap jalur, misalnya jalur hijau disetiap stasiun MRT hanya ada tujuan Joo Koon dan Pasir Ris/Changi Airport. )

Perhentian kedua adalah Citi Hall atau Raffles Place, anda bisa berhenti dikedua titik ini untuk pindah ke jalur merah. Sebelum anda naik ke jalur merah, pastikan tujuan MRT tersebut adalah Jurong East bukan Marina Bay.

Perhentian terakhir adalah Orchard.

Contoh ke 2: Dari Orchard anda ingin pergi ke Vivo City yang berada di HarbourFront. Maka dari Orchard anda naik MRT tujuan Marina Bay.

Perhentian Pertama adalah Dhoby Ghaut. Dari MRT interchange ini anda harus jalan cukup jauh untuk pindah ke jalur ungu. Ikuti saja papan petunjuk yang menunjukkan arah North West Line (Jalur Ungu). Jika anda lihat di peta ada titik pertemuan interchange lagi di Chinatown dan Outram Park, anda tidak perlu turun disini karena tujuan akhir anda adalah HarbourFront. Lanjutkan saja perjalanan hingga perberhentian terakhir, HarbourFront.


Tujuan kita yaitu Changi Airport menuju China Town. Pertama kita menggunakan MRT dengan jalur Hijau lalu transit di Outram Park menggunakan Jalur Ungu Ke China Town. Perhatikan petunjuk dari loud speaker. Sempat kita balik arah ke tanah merah karena tidak memperhatikan pengumuman di MRT nya, ternyata jalur hijau juga butuh transit, pindah jalur. diperhatikan. kalo misalnya kelewat atau salah. jangan khawatir, turun saja di terminal terdekat, dan balik arah ( seperti yang kita lakukan ya kan guys ) ?

Akhirnya sampai juga ke china`s town people park. Kita dapat tempat studio apartment di lantai 25 dengan harga 25 SGD per malem per orangnya. Tempatnya lumayan bersih ada AC + shower air hangat, dapur mini untuk masa air, TV. Oke lah untuk backpack.. nyaman. Sekamar kita isi 6 orang. seharusnya seh diisi 4 orang, tapi nana berhasil nego sama cici pemilik apartment jadinya bisa diisi 6 orang.Tapi.. ternyata apartment nya baru di beresin jadi belum sempet masuk, kita hanya nitip tas sama cici pemilik apartment dan lanjut untuk berjalan-jalan ke Dhoby Ghaut ( http://en.wikipedia.org/wiki/Dhoby_Ghaut ) Orchard Street.

:: Jam 18:00
Ternyata MRT itu langsung nyambung ke dalem mall nya. Jadi abis kita keluar dari MRT itu pintu masuk mall. seru juga… nyampe sana kita langsung jalan-jalan ke orchard. Jalanannya bersih dan luas, Mall nya berjejer sepanjang jalan kiri kanan. what a really nice view. Tips dari Nana, untuk membeli es krim 1 SGD, murah dan enak, es krimnya berbentuk kotak, dibalur dengan wafer atau roti dengan berbagai rasa. ada rasa mangga, coffe, strawberry, raspberry, chocochips. Kami mencoba dan ternyata rasanya enak. Langsung jadi es krim favorit. hahahha. lihat jam menunjukan pukul 6 sore kurang lebih tetapi langit masih bersinar terang.

isetan

Oh iya pas lagi jalan di dalem mall. terdapat plang yang bertuliskan isetan, gives new meaing to fashion. isetan punya arti yang rada aneh yah. ga ngerti apakah orang singapore itu tau bahasa dari setan? hahah sempet shock aja liat tulisannya. Setelah puas berjalan-jalan didepan jalan orchard. kita masuk ke mall  Takashimaya Shopping Centre Singapore dengan toko buku terbesar katanya. Kinokuniya Yups bentuknya seperti gramedia, tetapi disini banyak sekali buku dan souvenir yang disediakan.Buku-Buku disini pun harganya relatif sama dan bahkan lebih murah daripada membeli buku di Indonesia. So Book Lover’s silahkan berburu disini.


Menuju pintu keluar kita bertemu dengan Pascal, Mosie dan Handy. teman seperjuangan ikom 2003 yang telah melanglang buana di singapore. Karena lapar dan kaki mulai leith, kita lanjut kita makan di Food Republic  di Wisma Atria . Penuh sekali, mungkin bertepatan dengan makan malam jadi semua orang berburu makanan disini. Hari ini yang muslim hanya aku dan begy, jadi kami hunting berkeliling food court bersama dan setelah 3 lap kurang lebih , kami memutuskan untuk makan Fried Prawn Noodle ( karena susah sekali mencari makanan halal yang tidak mengandung babi ) yang ini hanya seafood saja. Ok kita ambil menu ini seharga 4.80 SGD lumayan untuk ukuran porsinya yang besar.
Beres makan, Mosie dengan baik hati membelikan es Khacang. isinya kacang merah, jelly, disiram oleh es serut dengan sirup 4 warna diatasnya. enak… manis. Thanks ya mosie, tau aja aku lagi ngiler.  walaupun seharga 2.80 SGD tapi kalo gratis lebih enak. betul nda?? hahaha. Btw lagi enaknya makan es khacang, dengan centilnya Aristo pingin disuapin sama mosie.. ckckck… Debb!!! itu buktinya dia selingkuh hahaha..peace yah to. Hahaha…. udah jelas lho debb ini ada evidencenya n modified date. Tanpa rekayasa sotopop!

Mari kita berjalan kembali, tentu saja berjalan kaki. walau letih melanda kaki Aristo dan Begy yang curi start. kita harus tetap berjalan kawan-kawan. mari kita berjalan kembali. sempet juga foto-foto di jalan orchard. Malam sudah mulai gelap dan lampu-lampu mall , jalanan semakin semarak. What a nice view. Sekalian lewat disana, teman-teman hendak berkunjung ke House of Condom. Disana banyak terdapat kondom sebagai souvenir yang dikemas secara lucu dan untuk beberapa item itu tidak akan terlihat seperti kondom, karena kondom dijadikan boneka pikachu. Kreatif memang. harga souvenir disini berkisar antara SGD 2.50 – 10. Lumayan unik untuk ukuran souvenir. Selain Souvenir juga pengunjung dapat membeli sex toys, “Film Biru” atau biasa disebut oleh Daniel yaitu film orang miskin karena tidak memakai baju.

:: Jam 22:30
Tidak usah berlama-lama di House of Condom, kalo kelamaan nanti susah keluar. LOL. ok lirik kiri kanan kulihat saja banyak sekali mall bertebaran. sempet melirik Baju I Love SG dari Giordano yang beterbaran di pinggir jalan. ternyata apabila kita membeli 1 Kaos seharga 19 SGD tetapi apabila membeli dua potong harga menjadi SGD 26 alias SGD 13 masing-masing. Lumayan murah kalo dihitung. Tapi Ukuran bajunya tidak ada yang kecil, S nya saja seperti L. Ya sudah kembali berjalan kaki, karena kita berpisah dengan Nana, Sang EO perjalanan. kami menunggu di depan mall Paragorn. Mall Sudah Mulai Tutup, akhirnya bertemu dengan nana dan samuel teman nana, kami pun melanjutkan perjalanan.

Begy masih mengutak-atik Handphone agar dapat online. dia ngisi pulsa 18 SGD menggunakan kartu perdana Handy singtel. Setelah oprak oprek sana sini masih belum bisa online juga. hmm… masih bingung tapi kami lanjutkan saja berjalan. mungkin ada sesuatu yang belum kami pahami,

Di tengah jalan kami melihat ada tempat spot foto yang menarik,berhenti sejenak untuk mengambil gambar, Pascal memiliki Ide jahil untuk Daniel, teman kita yang kebetulan Ulang Tahun pada hari ini. sepakat untuk mencelupkan sedikit celananya ke dalam kolam, ga tega juga seh kalo seluruh badan soalnya hari sudah mulai malam. Alhasil setelah difoto, kami serentak mengangkat daniel dan mencelupkan pantatnya. hehehe. Dia cuma Komentar : “Asyik cuy, pantat aye jadi adem.. hehehe”. Happy Bday Dnil.. semoga ga lupa yah ultah kali ini kita celupin di depan mall. Sorry yah bunyu.. cuma pingin bikin berkesan ajah.

Kami melanjutkan perjalanan dan biasa jalannya menjadi lama menuju MRT karena ada sesi foto-foto. Gimana ga tertarik buat foto-foto lampunya menari-nari meliuk dan menggoda kita untuk mengambil foto. Klik Klik Klik. tertinggal dengan rombongan yang lain.

:: Jam 23 : 15
Berjalan menuju MRT kembali ke china town untuk menaruh barang belanjaan dan solat. Istirahat sebentar. Kami semua kelelahan, kaki pegal dan lecet. Tapi aku dan Nana masih semangat untuk berangkat ke Mustafa Center. Berleha-leha sejenak di kamar, akhirnya untuk mengejar MRT ke Little India kami semua berlari karena waktu sudah menunjukan pukul 23:59 dan ternyata kami terlambat untuk memasuk MRT. Akhirnya kami kembali ke atas dan menuju Terminal Bus di depan China Town, tidak jauh terletak di depan People`s Park. Apabila kita menggunakan MRT maka kita dapat transit di Farrer Park MRT Station (NE8) dan jalan lumayan menuju Mustafa Center.

Melihat jalur Bus dan akhirnya menemukan untuk ke little india dari China Town dengan menggunakan Busy Bernomor 147 dan berhenti di Halte (Duh lupa namanya, sekitar Halte 3.1 Broadway Hotel kalo tidak salah ) Apabila tersesat meminta tolong saja bertanya kepada penumpang disana. Kami pun menanyakan turun dimana kepada penumpang india, yang kebetulan dia turun di halte yang sama dengan kami. Setelah turun dari halte kami melihat mesjid besar di depan lapangan kosong di sebelah kiri jalan. Mesjid pertama yang aku lihat selama di singapore. Kemudian berjalan kaki sedikit dan belok ke arah kiri jalan setelah perempatan. Aku sempet mengambil gambar untuk Peta rute Bis 147. sambil menunggu Bus.

Begy masih berusaha untuk menelp operator Singtel, kartu perdana Singapore. Aku pun berusaha browsing untuk mendapatkan settingan dari GPRS singtel. setelah setting manual, akhirnya berhasil digunakan. YAY!!! android menyala.. semua orang berebut menggunakan wifi begy. dia dijuluki “Begy HOT” karena dia menggunakan handphone android dan menjadikan handphone dia sumber wifi oleh teman-teman lainnya. Keunggulan dari android bisa digunakan sebagai hotspot, handset android kita dapat menjadi sumber wifi untuk gadget yang lain.


Cara Naik Bus
- Ingatlah untuk masuk dari pintu depan bus. Untuk keluar boleh melalui pintu depan dan belakang.
- Untuk naik bus bertarif, anda bisa membayar dengan koin atau kartu Ezlink.
- Tarif dengan menggunakan Ezlink akan lebih murah daripada menggunakan koin.
- Jika menggunakan koin, siapkanlah uang pas, karena tidak akan ada kembalian.
- Jika menggunakan EZ link, sentuhkan kartu ke pembaca kartu di pintu masuk bus. Dan jangan lupa untuk sentuhkan kartu ke pembaca di pintu keluar saat anda turun. EZ Link juga dapat terbaca apabila disimpan dalam dompet, asalkan kartu EZ Link tidak ditempatkan bersamaan dengan kartu seperti flash BCA / kartu ID dengan metode tempel. Kartu akan otomatis mengalami pengurangan ‘pulsa’ sesudah perjalanan diselesaikan.Saat ini ada puluhan jalur bus yang menuju ke berbagai tempat di Singapura. Anda dapat mencari jalur bus melalui buku Bus Guide, situs direktori online, dan situs resmi SMRT atau SBS Transit
Jalur Bus Singaporehttp://wiki.indo-sing.org/Bus

Mustafa Center merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang terkenal di singapore karena disini toko buka selama 24 jam dan bayangkan saja seperti carrefour di indonesia 5 lantai dengan seluruh barangnya di setiap lantai mempunyai bagian yang berbeda-beda. Harga pun relatif lebih murah disini untuk elektronik, untuk kosmetik atau perlengkapan mandi, kayaknya lebih murah di indonesia. Untuk Obat-obatan disini lengkap sekali dari mulai balsem harimau sampai obat cina tahun jebot juga ada. Ok Punya dan tapi berhati-hati mungkin untuk perfume bukan parfum asli, karena wanginya berbeda saat pertama kali di semprot dan setelah beberapa saat.

Naik ke atas kalap melihat accesoris disini mulai dari SGD 2.0 – 10. seru banget… Btw Nana menemukan ada permen loli besar seharga SGD 10. Hahaha kocak abis.. kapan abisnya yah???

Lantai UG : sepatu, Baju dan Perlengkapan olahraga, DVD
Lantai 1  : Jam tangan, alat elektronik, Sabun, Komestik dan Obat-obatan
Lantai 2 :  Souvenir, Accesoris, Koper, Tas, Coklat, dan Cemilan
Lantai 3 :  Perlengkapan Pecah Belah dan furniture, Buku
Lantai 4 : Alat-Alat perkakas rumah tangga dan Listrik

Kasir pun tersedia di setiap lantai dan di setiap tempat, jadi untuk membayar tidak usah di kasir ujung, tetapi di kasir tengah juga no problemo. Anda tidak membawa Cash ? Tidak usah Khawatir disini juga menyediakan alat gesek alias bisa bayar pake kartu kredit. Hati-hati untuk kartu kredit yang anda gesek, karena tagihan akan sesuai dengan kurs pada saat tagihan dicetak, dan untuk Bank berbeda-beda kursnya ( untuk saat sekarang saya menggunakaan CIMB niaga dan Mandiri kursnya lumayan bersahabat , bukan promosi yah cuma tips. Kalo Nana merekomendasikan OCBC Nisp / BNI )

:: Jam 03:00
Setelah keliling-keliling bersama Nana. Karena kami berpisah rombongan dengan yang lain, tidak terasa jam menunjukan pukul 03:00 pagi hari. Ooops .. pasti teman-teman sudah menunggu di depan. Akhirnya membayar ke depan dan kembali ke China Town dengan menggunakan taxi 7 Seater yang besar. Mobil yang dipakai bukan berupa sedan tetapi 7 seater MPV seperti avanza / kia. Sampai China Town kena biaya SGD 40. Kami Bertujuh ( Aristo, Begy, Aku, Daniel, Ignat dan Nana ) sepakat menggunakan Taxi tersebut, tapi pas kami itung-itung ternyata mahal juga yah.1 orang jadi sekitar SGD 5.70. tapi tidak apalah kami pun sudah lelah hari ini dan ingin cepat beristirahat.

Note : Taxi normal pertama kali masuk dicharge SGD 3.0 dan tiap kenaikannya juga tidak terlalu cepat, cukup lumayan murah kalo bepergian bebarengan. dan Taxi disana tidak mau dijejal orangnya jadi maksimal Taxi sedan berisi 4 penumpang dan 1 Supir.

Masuk ke kamar studio di lantai 25. Langsung berburu Charger karena batre habis, dan tenaga juga. Mari kita beristirahat….
Hari esok masih ada….

… to be continued to Singapore Gathering – Part 2

About these ads
Comments
  1. Tania says:

    Kangen pengen kesana lagi.. Kalo ke resort world sentosa kan bs naik bus,
    Nah wkt it saya naik bus dr vivo city (bus ny kalo pulang gratis dr resort world)
    Kira2 dari chinatown, bisa ga lgsg naik bus ke resort world sentosa?
    Soal ny kalo ke vivo city ribet.. Atau ada jalur transit yg lbh dekat ? Hehe

  2. rahmat t says:

    mengisi pulsa buat singtel caranya gimana? aktifkan blackberry caranya gimana ? thanks

  3. [...] Singapore Gathering – part 1 [...]

  4. Nissaa says:

    huaa sempet kesedot pulsa nya sama ind*s*t.. Internet service nya cm bertahan 5 menit sajah…
    kangen pengen balik k sana lg..
    harus nyobain roti susu bud d sana..
    enak lhoo..
    aku lupa tp d mall mana nya…
    yg pasti d orchard nya..
    hehehehe

    • walahhh.. emang seh roamingnya mahal. kalo ga, aktifin BB service aja pake perdana singtel. tapi sehari mahal, 3 hari sama sebulan cuma beda dikit juga tarifnya bodor neh. wah mau roti susu dimana??? kayaknya enakk…. orchard luas juga yah. hehehe

  5. silviechan says:

    hoho… nice post Bud.. thx yah… bisa jadi archive nya PANDA neh.. hahahah nuhunn

    • Siap na. kalo ada yang salah atau kurang2 mohon diralat yah. lagi belajar bercerita dan mendokumentasikan, biar ntar kalo butuh archive bisa dibuka lagi. pinginnya seh sedetail mungkin per harinya…

      btw panda ada online nya kan? sini ntar aku link in :D

  6. Gee says:

    yah susah gamaw ngiri teh klo tyus2an dibibita
    apalagi masalah transportasi yg satu itu ternyata disebut secara detail juga disini.. heuheuheu

    • iyaahh ampun atuh G ampunn…. kapan atuh next trip yu? ntar fotonya aku pajang.
      next week kan??? be ready to be my model yah.. hahahah.. Bikini eits hot pants? cant wait hahahah

  7. ria says:

    wew keren cuy.. aku terakhir kesana pas tahun 98 klo ga salah… waktu kursnya masih 5000an hehe :D

    dlu aku tinggal di people park juga cm klo ga salah ada 2 people park.. yang rada elit sama yang sejenis rumah susun gitu.. kalo nyebrang ada kuil tempat ibadah buat orang india.. katanya ngetop banget kuilnya hehe…

    nb : dasar anak ikom, kmana2 yang penting online yah hehe

    • Hey ada ibu ria.. iya sekarang kursnya 69xx – 7.000 an.. mayan juga yah berasa kalo beli aqua. Hehehe. Yups kita juga kesana kok, semacam rumah susun gitu lantainnya tinggi banget. kuilnya seh ga masuk, nyari mesjid / musholla susahnya yah…

      Aswin yang ke kuilnya kayaknya. dia kan +1 hari daripada kita. hahaha iya dunk harus online. btw blognya jadi kayak buku harian perjalanan gini yah.
      kalo ada yang salah2 mohon diralat.. maklum udah tua. hehehe..

      jadi kapan ri kita traveling lagi?
      kumaha kabar dede? udah mau terjun ke dunia kah?

      • ria says:

        hehe pengen banget travelling bud.. skarang dah bawa buntut susah keluyurannya :D… blog aye jg dah lama ga diisi soalny bingung mo cerita apa, tiap hari gitu2 doank hehe….

        kabar dede sedang menghitung hari, skarang masih betah di perut :D tar dikabarin kalo dah keluar yah :p

        • hayu hayu… ntar yah kalo buntutnya udah bisa jalan-jalan juga. btw trip ke palembang juga belum jadi kan, pending hehehe….
          semoga sehat n lancar ya bu ria persalinannya.. cant wait to hear good news

  8. Begy says:

    Detil banget cuy haha.. Ini baru hari pertama omg… Pokoknya day one kaki diabuse parah dah ckckck. overall good job bro! super like it!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s